Wednesday, May 23, 2018

Renungan Pagi 24 Mei 2018



“POTRET KASIH ALLAH”
24 Mei 2018

Untuk Kekasih…
Kiranya ia mencium aku dengan kecupan! Karena cintamu lebih nikmat dari pada anggur” (Kidung Agung 1:2).
Bacaan renungan macam apa yang ditulis di dalam kitab Kidung Agung ini? Jika Anda seperti saya, Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kalinya Anda mendengar khotbah yang berdasarkan bagian Alkitab yang membingungkan ini. Kitab ini mungkin harus di beri label “D” (dewasa), kalau bukan “X”! Marilah kita akui, membaca buku ini bahkan untuk diri sendiripun agak membuat jengah, apalagi membacanya dengan suara keras… baik di rumah atau di gereja.
Mengapa syair erotis semacam itu menjadi bagian kanon suci telah menjadi teka-teki bagi para pelajar Kitab Suci di sepanjang sejarah. Meskipun sebagian kitab Perjanjian Lama dikutip oleh penulis kitab Perjanjian Baru, kita tidak menemukan kutipan dari kitab ini di dalam Kitab Suci Kristiani, bahkan disinggung pun tidak. Bahkan para rabi di Jamnia berdebat tentang pantas atau tidaknya kitab ini menjadi bagian dari Tulisan Suci. Untuk mendukung dimasukkannya kitab ini ke dalam Alkitab, beberapa penerjemah—baik orang Yahudi maupun Kristiani—mencari jalan dengan menyebutkan sebagai sebuah alegori (memiliki makna kiasan). Para ahli alegori Yahudi mengartikan isi kitab itu sebagai gambaran hubungan Yahwe dengan Israel, bangsa pilihan-Nya, mempelai-Nya. Beberapa penafsir Kristiani (yang pertama adalah Hippolytus [sekitar tahun 2000]) telah menganggapnya sebagai lukisan hubungan Yesus Kristus dengan jemaat, mempelai-Nya. Meskipun benar bahwa penggambaran pernikahan Allah dengan umat-Nya dapat ditemukan di Kitab Suci Yahudi maupun Kristiani, namun apa yang digambarkan oleh Kidung Agung tetap tidak masuk akal.
Salah satu masalah yang muncul dalam pendekatan alegoris adalah bahwa ada ketidaksesuaian di dalam detil-detilnya. Sebagai contoh, anggaplah Yesus sebagai mempelai pria dan gereja sebagai wanita kekasih-Nya. Buah dada sang wanita (“bagiku kekasihku bagaikan sebungkus mur, tersisip di antara buah dadaku” [Kid.1:13] ditafsirkan sebagai Perjanjian Lama dan Baru, tetapi jika itu masalahnya, bukankah lebih tepat menafsirkan itu sebagai organ Kristus, satu-satunya yang mengilhamkan Alkitab? Hal ini membuat orang yang mudah percaya berpikir bahwa gereja memiliki Perjanjian Lama dan baru dan Kristus berada di haribaan keduanya, mengambil sari makanan dari padanya, seperti yang dipaksakan oleh para ahli alegori.
Pendekatan terbaik kepada kitab yang aneh ini adalah bahwa ia berisikan contoh lagu asmara Timur Dekat kuno, seperti yang lazim ditemui di Mesir. Syair ini, dengan gambaran yang membumi, mungkin akan disingkirkan oleh pembacaan di Barat, merupakan perayaan sukacita memadu kasih dan dapat diterima luas di kalangan pelajar Alkitab.

0 comments:

Post a Comment